Daftar Blog Saya

Selasa, 24 Januari 2012

Al-Idrisi: Pencipta Globe Pertama


(Patung Piri Reis Di Karaman)

Peta sangat dibutuhkan ketika seseorang mengunjngi sebuah wilayah yang belum pernah dikunjungi. Dengan adanya peta, seseorang dapat terhindar dari tersesat dijalan. Seseorang yang disebut-sebut sebagai pencipta pertama peta dunia adalah Muhiddin Piri Reis.

Pri Reis dilahirkan di Gillipoli, Turki, pada tahun 1465. Ia pernah memimpin Armada laut pada masa khalifah Utsmaniyah. Tahun 1513 adalah tahun dimana untukpertama kalinya Piri Reis membuat peta dunia.Kemudian pada tahun 1521, ia membukukan peta dunia yang diciptakannya kedalam buku berjudul al-Bahriy versi pertama. Buku tersebut ditulis Piri Reis dalam rentang waktu 5 tahun (1521-1526). Didalam buku tersebut dilengkapi dengan petunjuk navigasi dan keadaan negara yang pernah dikunjunginya.

Pada tahun 1528-1529, armada laut pimpinan Peri Reis terlibat pertempuran dengan pasukan Portugis di laut merah dan laut India. Peristiwa ini memberi Inspirasi bagi Peri Reis untuk menulis buku al-Bahriy versi kedua. Buku ini diproyeksikan sebagai pelengkap buku pertama.

Buku al-Bahriy adalah pedoman terlengkap dalam dunia pelayaran. Isi buku tersebut merupakan perpaduan antara teknik melaut dan pengamatan geografis. Segala tata cara dan perlengkapan melaut dibahas tuntas di buku ini. Versi pertama buku ini terdiri dari 132 bab dan buku kedua terdiri dari 210 bab.

Peri Reis tercatat telah melakukan pelayaran dari afrka,amerika selatan, sampai antartika.Padahal orang eropa baru menemukan benua es antartika itu pada tahun 1818. Menurut sebuah sumber, peta benua amerika yang dibuat peri reis lebih akurat dibanding peta yan dibuat Christopher Columbus. Peta yang dibuat Columbus sangat sulit dicari versi aslinya.

Saat ini, buku al-Bahriy masih bisa ditemukan, namun berserakan di beberapa tempat di Eropa, itupun kebanyakan yang versi pertamanya. Hanya ada beerapa naskah yang tersimpan secara rapi di beberapa museum di Turki.

Laela Nurisysyafa'ah " Dahsyatnya Kisah Tokoh Penemu Pencipta Super Jenius ini!. Laksamana. Jogjakara:2010

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Piri Reis (nama lengkap Hacı Ahmed Muhiddin Piri (Hadji Ahmed Muhiddin Piri); Reis (Rais) berarti Kapten) adalah Kaptan-ı Derya, geograf, dan kartograf Utsmaniyah yang lahir antara tahun 1465 dan 1470 dan meninggal antara 1554 atau 1555.
Ia terkenal karena peta-petanya dalam Kitab-ı Bahriye (Buku Navigasi), dan juga peta dunianya yang diselesaikan pada tahun 1513 dan ditemukan di Istana Topkapi di Istanbul pada tahun 1929.
Pada tahun 1528, Piri Reis menggambar peta dunia kedua, dengan menggunakan dua puluh peta asing dan mappa mundi (Arab, Spanyol, Portugal, Cina, India, dan Yunani), termasuk peta milik Christopher Columbus.[1]
[sunting]Catatan kaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar